Electronic Resource
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Konvensional Dengan Pembelajaran Menggunakan Media Komik S2 Bagi Siswa Kelas 3 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sdn Randupitu Kec. Gempol Kab. Pasuruan Tahun Pelajaran 2014/2015
Menurut Susanto (2013: 89) pendidikan di sekolah dasar bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar baca, tulis hitung, pengetahuan, dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan di jenjang selanjutnya. Ini menunjukkan bahwa pendidikan pada jenjang SD sangatlah penting. Namun pada kenyataannya pembelajaran di SD sering kali di kesampingkan, pembelajaran yang dilakukan di kelas dianggap sebagai sebuah formalitas tanpa mengedepankan perkembangan siswa. Salah satu cara melaksanakan pembelajaran yang sesuai perkembangan siswa adalah dengan menggunakan media yang sesuai. Pada jenjang SD siswa digolongkan menjadi kelas rendah dan kelas tinggi. Pada siswa kelas rendah salah satu media yang sesuai adalah dengan menggunakan komik strip. Dengan adanya komik diharapkan siswa lebih aktif menggali informasi sehingga berimbas pada hasil belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan kelas 3 SD sebagai sampel penelitian pada mata pelajaran IPA. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam SDN Randupitu Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 antara kelas dengan pembelajaran konvensional dan kelas dengan pembelajaran menggunakan media komik s2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni kelas 3 yang terdiri dari 2 kelas pararel. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random dengan cara diundi. Sehingga ditentukan bahwa kelas eksperimen yakni kelas IIIB dan kelas kontrol yakni kelas IIIA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data hasil belajar berupa posttest tertulis yang berbentuk soal pilihan ganda. Hasil penelitian melalui uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%, menunjukkan bahwa nilai signifikasi (sig. 2-tailed) yakni 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam SDN Randupitu Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 antara kelas dengan pembelajaran konvensional dan kelas dengan pembelajaran menggunakan media komik s2. Perbegaan yang terjadi bersifat positif karena rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 75,5 sedangkan kelas control sebesar 64,3. Dan selisih antara nilai posstest dan pretest masing-masing kelas sebesar 15,0 dan 2,8.
2122496/SB/2015 | KKI 372 HUD p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain