Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Model Problem Solving Dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar SIswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIIIC SMP Nasional Malang

Electronic Resource

Penggunaan Model Problem Solving Dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar SIswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIIIC SMP Nasional Malang

Sarifudin - Nama Orang; Drs. Sudi Dul Aji, Dr. M.Si - Nama Orang; Akhmad Jufriadi,S.Si.M.Si - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIIIC SMP Nasional Malang masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibahas sehingga siswa kurang memahami, dan masih terbatasnya ruang gerak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan. Sehingga pembelajarannya kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas hanya mencapai 55.76 dan siswa yang memenuhi KKM hanya 9 siswa atau 36,36% dari 25 siswa, sedangkan KKM yang digunakan di sekolah adalah 70 dan standar klasikal minimal sebesar 70%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Nasional Malang melalui model Problem Solving dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 dikelas VIIIC SMP Nasional Malang. Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa .
Penggunaan model problem solving dengan Pendekatan CTL menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh persentase 80%, dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 88%, dari hasil observasi keaktifan belajar siswa yaitu pada siklus I memperoleh persentase 83,13%,dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 93,43%, Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 64,89 adalah dan pada siklus II adalah 75.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model Problem Solving dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Nasional Malang.


Ketersediaan
2122360/SB/2015KKI 530 SAR pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 SAR p
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xiii, 194 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Penggunaan Model Problem Solving
Pendekatan CTL
Meningkatkan keaktifan dan Prestasi Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik