Electronic Resource
Penggunaan Model Problem Solving Dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar SIswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIIIC SMP Nasional Malang
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIIIC SMP Nasional Malang masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibahas sehingga siswa kurang memahami, dan masih terbatasnya ruang gerak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan. Sehingga pembelajarannya kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas hanya mencapai 55.76 dan siswa yang memenuhi KKM hanya 9 siswa atau 36,36% dari 25 siswa, sedangkan KKM yang digunakan di sekolah adalah 70 dan standar klasikal minimal sebesar 70%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Nasional Malang melalui model Problem Solving dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 dikelas VIIIC SMP Nasional Malang. Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa .
Penggunaan model problem solving dengan Pendekatan CTL menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh persentase 80%, dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 88%, dari hasil observasi keaktifan belajar siswa yaitu pada siklus I memperoleh persentase 83,13%,dan siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 93,43%, Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 64,89 adalah dan pada siklus II adalah 75.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model Problem Solving dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Nasional Malang.
2122360/SB/2015 | KKI 530 SAR p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain