Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dalam Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar siswa kelas VIII-B SMPK Don Bosco Atambua - NTT Tahun Ajara 2014/2015
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya berpikir kritis dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis dan prestasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada materi pembelajaran getaran dan gelombang di kelas VIII-B SMPK Don Bosco Atambua tahun ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPK Don Bosco sebanyak 30 orang. Objek dalam penelitiannya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis dan tes prestasi belajar berupa soal uraian dan soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan realibilitasnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa hasil skor rata-rata pratindakan berpikir kritis siswa 60, skor rata-rata tes berpikir kritis siswa pada siklus I 74,39 dan siklus II 77,37, sedangkan skor rata-rata pratindakan tes prestasi belajar siswa 67,83, skor rata-rata tes prestasi belajar siswa pada siklus I 76 dan pada siklus II 84,5, skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran siklus I 92,70 dan siklus II 96,87, sedangkan ketuntasan belajar Sebelum tindakan memiliki skor rata 43, setelah dilakukan tindakan skor rata- rata ketuntasan belajar siswa pada siklus I menjadi 53,33 dan pada siklus II 66,67.
Hasil penelitian diatas di dapatkan dari penerapan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa. Tahap yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa adalah pada tahap Think karena pada tahap Think siswa di minta dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru dengan melalui 4 aspek yaitu: memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat kesimpulan, dan strategi dan taktik. Sedangkan tahap yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa adalah pada Think dan Talk.
Dengan temuan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II tidak perlu di ulang. Hal ini di karenakan bahwa kualitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa
2122356/SB/2015 | KKI 530 MAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain