Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Songosari
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti sebelum tindakan, metode yang digunakan oleh guru di kelas VII-B SMP Negeri 2 Singosari belum mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Pernyataan ini terbukti dari hasil nilai ulangan para siswa yang masih belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75, dari hasil ulangan harian, 41,26% atau 22 siswa dari 31 siswa yang tidak mencapai KKM. Menurutnya prestasi belajar siswa ini tidak lepas dari kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Cara yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervarasi dalam mengajar, dalam hal ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran STAD berbasis demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa SMP Negeri 2 Singosari.
Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada bagaimana siswa bergabung dengan kelompoknya dan saling memberikan informasi sehingga siswa lebih memahami materi. Model ini diawali dengan guru menyajikan pelajaran, kemudian siswa dibentuk dalam kelompok, guru mendemonstrasikan materi, secara berkelompok siswa mendiskusikan hasil pengamatan dan akhirnya dengan penghargaan prestasi kelompok.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I menjelaskan materi kalor, perubahan suhu akibat pemberian kalor, perubahan wujud zat dan siklus II menjelaskan materi asaz black dan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Motivasi siswa meningkat dari 72,498% pada siklus I menjadi 78,7945% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar, meningkat dari rata-rata 64,83% sebelum tindakan menjadi 75,48% pada siklus I , dan meningkat menjadi 77,41% pada siklus II. Hasil ini menunjukan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meniangkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Singosari
2122355/SB/2015 | KKI 530 BER p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain