Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII-A MTs IBNU HAJAR MALANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dilakukan dengan cara pengembangan model pembelajaran yaitu model pembelajaran yang lebih menekankan siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika cukup rendah. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar yang dicapai belum mencapai standar yang ditetapkan dan selama proses pembelajaran siswa masih kurang aktif. Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh keaktifan siswa dan hasil belajar yang dicapai. Oleh sebab itu, menerapkan model pembelajaran yang tepat bisa meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII-A MTs Ibnu Hajar Malang melalui pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis eksperimen. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Pengertian Kalor dan kalori makanan dan kalor pada perubahan suhu dan Siklus II pokok bahasan Kalor pada perubahan wujud dan Penpindahan Kalor. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di kelas VII-A MTs Ibnu Hajar Malang. Subjek dalam penelitian ini kelas VII-A MTs Ibnu Hajar Malang berjumlah 28 siswa.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 88,6% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II 96,9% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 66,02% berada pada kualifikasi cukup baik, sedangkan pada siklus II 82,45% berada pada kaulifikasi baik. Dari data persentase keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model pembelajaran STAD berbasis eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 72,5 berada pada kualifikasi cukup baik sedangkan pada siklus II 81,78 berada pada kualifikasi baik. Di ilihat dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I 57,14%, dan siklus II 89,28% mengalami peningkatan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII-A MTs Ibnu Hajar Malang
2122338/SB/2015 | KKI 530 DAG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain