Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII-A MTs IBNU HAJAR MALANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII-A MTs IBNU HAJAR MALANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Lidwina Wea Daga - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si., M.Si., M.Pd - Nama Orang; Drs, Sutrisno, M.T - Nama Orang;

Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dilakukan dengan cara pengembangan model pembelajaran yaitu model pembelajaran yang lebih menekankan siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika cukup rendah. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar yang dicapai belum mencapai standar yang ditetapkan dan selama proses pembelajaran siswa masih kurang aktif. Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh keaktifan siswa dan hasil belajar yang dicapai. Oleh sebab itu, menerapkan model pembelajaran yang tepat bisa meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII-A MTs Ibnu Hajar Malang melalui pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis eksperimen. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Pengertian Kalor dan kalori makanan dan kalor pada perubahan suhu dan Siklus II pokok bahasan Kalor pada perubahan wujud dan Penpindahan Kalor. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di kelas VII-A MTs Ibnu Hajar Malang. Subjek dalam penelitian ini kelas VII-A MTs Ibnu Hajar Malang berjumlah 28 siswa.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 88,6% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II 96,9% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 66,02% berada pada kualifikasi cukup baik, sedangkan pada siklus II 82,45% berada pada kaulifikasi baik. Dari data persentase keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model pembelajaran STAD berbasis eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 72,5 berada pada kualifikasi cukup baik sedangkan pada siklus II 81,78 berada pada kualifikasi baik. Di ilihat dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I 57,14%, dan siklus II 89,28% mengalami peningkatan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII-A MTs Ibnu Hajar Malang


Ketersediaan
2122338/SB/2015KKI 530 DAG p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 DAG p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xii, 191 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Keaktifan
Skripsi
STAD (Student Teams Achievement Divisions)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik