Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar IPA SISWA KELAS VIIIC SMP PGRI 02 SINGOSARI Tahun Ajaran 2014/2015
Berdasarkan hasil observasi di SMP PGRI 2 Singosari khususnya pada mata pelajaran IPA , dari 20 siswa dalam satu kelas ada 12 siswa yang menganggap pelajaran fisika sebagai pelajaran yang sangat sulit dan membosankan. Sehingga dalam proses pembelajaran,siswa tersebut kurang menyukai pelajaran IPA yang berakibat prestasi belajarnya juga menjadi kurang baik. Selain itu siswa cenderung lebih suka bermain, bergurau dengan teman atau berbicara sendiri, dan kurang memperhatikan guru .Berdasarkan kondisi seperti ini maka diperlukan pemilihan metode yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Karena dalam pembelajaran ini ada sebuah permainan akademik yang membuat siswa itu senang sehingga tidak merasa sedang belajar tetapi bermain. Permainan yang dipilih adalah ular tangga. dipilih karena permainan ini familiar dan mudah dimainkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams games tournament) pada pokok bahasan Gaya pada KD1 dan KD2 di SMP PGRI 2 Singosari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siklus I (86,7%) dan siklus II (91,63%)
Serta hasil penelitian prestasi belajar dari keadaan awal (72,5), siklus I (77,8) dan siklus II (80,75), dengan ketuntasan belajar di keadaan awal (40%), siklus I (65%) dan siklus II (80%).
Hasil penelitian ini menyimpulkan: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams games tournament) dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA siswa kelas VIIIC SMP PGRI 2 Singosari pada pokok bahasan Gaya.
2122226/SB/2015 | KKI 530 WAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain