Electronic Resource
Pengaruh model Pembelajaran Problem Based Inroduction (PBI) Dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN Mulyorejo 2 Malang
Kegiatan Proses belajar mengajar yang hanya berpusat pada guru dan siswa sebagai pendengar, menyebabkan siswa mengalami kebosanan dan cenderung pasif dalam setiap proses pembelajaran. Guru kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Mulyorejo 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment), termasuk dalam penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan postest only control group design, dan sebagai analisisnya adalah analisi varian dua jalur (ANOVA). Jumlah sampel penelitian 50 siswa terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Instrumen pembelajaran berupa silabus pembelajaran, RPP dan LKS, sedangkan instrumen pengukuran berupa instrumen tes dan angket. Untuk memperoleh data tes berupa pretest dan postest only dan untuk memperoleh data minat belajar berupa angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran. Diperoleh Fhitung 59.101 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Nilai ratarata postest kelas eksperimen 82 dan rata-rata kelas kontrol 68; (2) terdapat perbedaan minat belajar siswa antara siswa yang mempunyai minat tinggi dan siswa yang mempunyai minat rendah. Diperoleh Fhitung 61.480 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai siswa yang memiliki minat tinggi adalah 79 sedangkan ratarata siswa yang memiliki minat rendah adalah 70. (3) ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar. Diperoleh Fhitung 4.389 pada taraf signifikan 0,042 < 0,05.
2122021/SB/2015 | KKI 372 RID p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain