Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model Pembelajaran Problem Based Inroduction (PBI) Dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN Mulyorejo 2 Malang

Electronic Resource

Pengaruh model Pembelajaran Problem Based Inroduction (PBI) Dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN Mulyorejo 2 Malang

Risze Hana Ridahyanti - Nama Orang; Dr.H. Sudi Dul Aji, M.Si. - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati.S.S,M.Pd - Nama Orang;

Kegiatan Proses belajar mengajar yang hanya berpusat pada guru dan siswa sebagai pendengar, menyebabkan siswa mengalami kebosanan dan cenderung pasif dalam setiap proses pembelajaran. Guru kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Mulyorejo 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment), termasuk dalam penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan postest only control group design, dan sebagai analisisnya adalah analisi varian dua jalur (ANOVA). Jumlah sampel penelitian 50 siswa terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Instrumen pembelajaran berupa silabus pembelajaran, RPP dan LKS, sedangkan instrumen pengukuran berupa instrumen tes dan angket. Untuk memperoleh data tes berupa pretest dan postest only dan untuk memperoleh data minat belajar berupa angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran. Diperoleh Fhitung 59.101 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Nilai ratarata postest kelas eksperimen 82 dan rata-rata kelas kontrol 68; (2) terdapat perbedaan minat belajar siswa antara siswa yang mempunyai minat tinggi dan siswa yang mempunyai minat rendah. Diperoleh Fhitung 61.480 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai siswa yang memiliki minat tinggi adalah 79 sedangkan ratarata siswa yang memiliki minat rendah adalah 70. (3) ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar. Diperoleh Fhitung 4.389 pada taraf signifikan 0,042 < 0,05.


Ketersediaan
2122021/SB/2015KKI 372 RID pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 RID p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xiv, 110 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Skripsi
minat belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik