Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-I SMPN 10 Malang tahun Pelajaran 2014-2015
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu pelajaran yang penting untuk diberikan pada peserta didik karena dapat membekali mereka dengan kemampuan berfikir logis, sistematis dan kritis serta mampu bekerjasama dalam hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Lingkungan masyarakat dimana anak didik tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari masyarakat dan dihadapkan pada berbagai permasalahan di lingkungan sekitarnya. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengangap Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai mata pelajaran yang sulit dan susah dipahami. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas VII I SMP Negeri 10 Malang, menunjukan bahwa selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum pernah menerapkan model-model pembelajaran kooperatif dalam pelajaran dikelas. Berdasarkan permasalahan ini, penulis mencoba melakukan upaya perbaikan melalui suatu pembelajaran kooperatif, yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar berkelompok yaitu pembelajaran kooperatif model jigsaw.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII I SMP Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII I SMP Negeri 10 Malang, yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 14 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini meliputi siklus I dan II. Setiap siklus meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan awal merupakan pendahuluan, kegiatan inti adalah penerapan langkah-langkah pembelajaran kooperatif model jigsaw, dan kegiatan penutup yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Tindakan I dan II dilaksanakan secara murni sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan dan ada pengembangan pada tahap diskusi kelompok ahli dan presentasi kelompok. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, dan dilakukan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa yang terlihat dari persentase ketuntasan belajar dari data awal pra tindakan, siklus I dan II. Pada siklus I dan siklus II. Hasil yang diperoleh yaitu ketuntasan belajar klasikal adalah 62,5% pada pra tindakan, 71% siklus I, dan 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-I SMP Negeri 10 Malang khususnya pada materi pemanfaatan sumber daya alam.
2121989/SB/2015 | KKI 910 ETA p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain