Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe TGT ( Team Games Tournament ) Melalui Permainan Ular Tangga Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Malang
Dalam pembelajaran di sekolah, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan oleh siswa. Banyak dari siswa merasa jenuh ketika pelajaran matematika itu berlangsung. Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 7 Malang kelas VII A, guru masih mendominasi pembelajaran, siswa pasif dan mudah bosan dengan model pembelajaran yang disajikan guru. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Team Games Tournament (TGT), karena pada model ini dapat melibatkan peranan siswa secara aktif dan saling bekerja sama. Ada pun langka-langkah TGT dalam penelitian ini yaitu, penyajian materi, pembentukan kelompok, permainan, turnament, dan penghargaan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan TGT melalui permainan ular tangga pada materi Persamaan Linear Satu Variabel. Mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang setelah diterapkan TGT melalui permainan ular tangga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam suatu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari tes awal sebelum dilakukan tindakan yaitu 31,25% menjadi 65,62% pada siklus I dan meningkat menjadi 90,62% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan TGT melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Malang.
2121969/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain