Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Bululawang Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Model pembelajaran Giving Question and Getting Answer, diharapkan mampu mengorganisasikan siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih aktif. Siswa dapat mendengarkan informasi teman kelompok, sehingga mereka termotivasi untuk mendukung dan menunjukkan minat terhadap apa yang dipelajari teman kelompoknya. Dan dengan model pembelajaran Jigsaw ini siswa akan selalu aktif dan menambah kualitas prestasi belajarnya, guru dapat memonitor pemahaman peserta didik, pembelajaran bisa lebih terarah, dan juga peserta didik bisa mengembangkan kemampuan diri sendiri dengan cara diskusi-diskusi dan latihan soal. Tujuan dari penelitian yaitu (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Bululawang Malang Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Bululawang Malang Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan two group randomized subject Post test only .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Bululawang tahun pelajaran 2014-2015. Penentuan sampel dengan teknik random sampling (sampel acak) dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Nilai hasil belajar geografi diperoleh postes hasil belajar geografi Data yang diperoleh dari tes hasil belajar geografi dianalisis dengan uji- t dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data pengujian Hipotesis dengan menggunakan Uji-tpada taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,030 , nilai Sig.(2-tailed) < 0,05, sehingga H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Giving Question and Getting Anwer dan Jigsaw terhadap hasil belajar geografi.
2121953/SB/2015 | KKI 910 PAR p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain