Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII H SMP Negeri 07 Malang Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 07 Malang pada materi Persamaan Linear Satu Variabel. Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII H SMP Negeri 07 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, dan. Menurut pengamatan peneliti bahwa berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti maka, peneliti menemukan permasalahan yaitu siswa sering ramai di kelas, siswa kurang serius dalam mengikuti pelajaran, siswa tidak aktif dalam mengikuti pelajaran, nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal) masih dibawah rata-rata yaitu < 75, kurang berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran, jika diberikan PR hanya beberapa saja yang mengerjakan, guru cenderung menggunakan pendekatan pembelajaran berpusat pada guru atau yang disebut dengan teacher centered. Untuk itu dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Adapun langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah adalah sebagai berikut: 1) Kegiatan Awal, 2) Kegiatan Inti yang meliputi mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan hasil karya, 3) Kegiatan Akhir.
2121945/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain