Electronic Resource
Penggunaan Media Permainan Monopoli Dengan Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TKR 1 SMK (STM) Turen Tahun Pelajaran 2014/2015
Hasil observasi menunjukkan bahwa guru kurang melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas, media yang digunakan kurang bervariasi dan tidak adanya media permainan dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa SMK (STM) Turen merasa malas dan bosan untuk belajar matematika. Oleh karena itu perlu adanya media yang mampu meningkatkan minat dan motivasi serta hasil belajar. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan serta motivasi dan rangsangan untuk belajar. Salah satu media permainan yang dapat digunakan yaitu permainan monopoli, media ini mampu melatih kerjasama dan motivasi antar siswa, belajar akan lebih efektif karena siswa akan merasa fun dan antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan kondisi belajar di kelas akan jauh dari rasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media permainan monopoli yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat kelas X TKR 1 SMK (STM) Turen tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK (STM) Turen yang berjumlah 43 siswa.
2121899/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain