Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Resources Based Learning (RBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas X Di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan
Model pembelajaran Resources Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi pembelajaran, mengatasi keterampilan, dan keanekaragaman sumber informasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar, sumber-sumber informasi tersebut dapat berupa buku, jurnal, surat kabar, multi media dan sebagainya.
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model pembelajaran Resources Based Learning terhadap hasil belajar siswa di MA. Penelitian dilakukan di MA Fiftahul Qulub Polagan Kabupaten Pamekasan Madura tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X3 sebagai kelas kontrol serta subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemiripan nilai rata-rata semester satu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebas adalah model pembelajaran Resources Based Learning (RBL). Instrumen pengukuran kemampuan hasil belajar siswa menggunakan tes esai. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows.
Berdasarkan selisih nilai pre test dan post test, rata-rata gain score kemampuan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis data juga membuktikan bahwa model pembelajaran Resources Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Resources Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa geografi kelas x di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan.
Saran yang dapat diberikan bagi guru dan juga peneliti selanjutnya berdasarkan hasil penelitian ini yaitu: 1) Bagi para guru, dalam kompetensi dasar menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi disarankan menerapan model pembelajaran Resources Based Learning sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam penerapannya memperhatikan hal sebagai berikut: (a) menguasai penggunaan setiap teknik dalam model pembelajaran Resources Based Learning, (b) melibatkan siswa secara aktif memilih sendiri sumber belajar untuk mendukung materi pembelajaran sedangkan guru sebagai fasilitator, (c) sebelum pelaksanaan pembelajaran siswa diberi pemahaman terlebih dahulu tentang model pembelajaran Resources Based Learning agar saat penerapannya tidak terjadi kebingungan, (d) mengorganisasikan waktu secermat mungkin, (e) menerima semua ide, gagasan dari siswa yang ingin berkreasi. 2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk: (a) menguji pengaruh model pembelajaran Resources Based Learning pada lokasi, jenjang pendidikan, atau materi lain, (b) mengintegrasikan atau membandingkan dengan model pembelajaran yang lain, (c) menambah variabel lain seperti motivasi, keaktifan, kemampuan pemecahan masalah, kreativitas, dan lain-lain, (d) menggunakan penelitian ini sebagai acuan dan bahan literatur untuk penelitian selanjutnya.
2121878/SB/2015 | KKI 910 HAS p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain