Electronic Resource
An Analysis Of Symbolism On Satu Suro In Keraton Yogyakarta
Berdasarkan observasi yang dilakukan, motivasi belajar siswa masih sangat rendah sehingga prestasi belajar yang diperoleh siswa SMP Negeri 23 Malang Tahun Ajaran 2016/2017 semester Ganjil, pada mata pelajaran IPA menjadi sangat rendah pula. Rata-rata ketuntasan berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 68.51. Sedangkan nilai KKM yang dipakai di SMP Negeri 23 Malang adalah 75. Dilihat dari persyaratan ketuntasan tersebut, maka siswa yang mencapai KKM untuk kelas VIII-3 hanya 13 siswa dari 33 siswa atau 37,17%. dengan demikian maka peneliti akan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis Peer Tutorial untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 23 Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 23 Malang dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis Peer Tutorial. subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 23 Malang yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan - tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaaan, (3) observasi, (4) refleksi.
Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 78,35% berada pada kategori baik dan pada sikius II adalah 93,75% berada pada kategori sangat baik. Sedangkan untuk presentase motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 65,38% berada pada kategori cukup baik dan pada siklus II adalah 82.04% berada pada kategori baik. Dan presentase prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 65,71% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,51% dengan kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berberbasis Peer Tutorial dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Malang
2121624/SB/2015 | KKI 820 PRA a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain