Electronic Resource
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PPKn Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Model Cooperative Learning Teknik Learning Together Di SMP Negeri 2 Pakisaji Di Kelas VII D Tahun Pelajaran 2014/2015
Dalam proses pembelajaran PPKn, terdapat berbagai pendekatan, model, maupun starategi pembelajaran. Dengan adanya bermacam-macam metode pengajaran tersebut, otomatis memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih serta menggunakan secara tepat untuk mencapai tujuan pengajaran.
Berdasarkan karakteristik siswa yang senang bekerjasama (berdiskusi) untuk mengerjakan LKS, maka untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa perlu dicobakan Pendekatan kontekstual dengan model cooperative learning teknik learning together.
Pendekatan kontekstual merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Model pembelajaran cooperative learning teknik learning together merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa yang bekerja dalam kelompok-kelompok beranggotakan 4 atau 5 orang yang heterogen menangani tugas tertentu.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, sedangkan jenis penelitianya ialah kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pakisaji di kelas VII D yang berjumlah 25 siswa semester genap tahun ajaran 2014/2015. PTK ini menggunakan model cooperative learning dengan teknik learning together. PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian bertahap yang terdiri dari 5 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan pemecahan masalah. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus
Nilai rata-rata pada siklus I adalah79,64%, sedangkan pada siklus II sebesar 87,79%. Prestasi yang dicapai oleh siswa pada prestasi awal nilai rata-rata siswa 28,00% yang memenuhi KKM adalah 7 siswa atau 36% dari 25 siswa, pada siklus I nilai rata-rata siswa 74,72 yang memenuhi nilai KKM adalah 16 siswa atau 64,00% dari 25 siswa, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 80,84 yang memenuhi nilai KKM adalah 22 siswa atau 88,00%. dari 25 siswa
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning teknik Learning Together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
2121617/SB/2015 | KKI 371.114 DWI u | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain