Electronic Resource
Hubungan Antara Sikap Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Di Smp Islam Diponegoro Wagir
Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah mata pelajaran yang diberikan pada siswa sejak Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi. Dalam penelitian ini penulis meneliti siswa kelas VIII Di SMP Islam Diponegoro Wagir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap belajar siswa dengan prestasi belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Wagir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa, dan jumlah sampelnya 40 siswa dari seluruh siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah korerasasional dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Valid tidaknya suatu item instrumen dapat diketahui dengan membandingkan indeks korelasi Product Moment Pearson dengan level signifikansi 5%. Kriteria jika: nilai p-value pada Sig (2-tailed) < level of significant (α= 5% atau 0,05) maka Ha yang menyatakan valid, diterima. Sig < 0,05 , maka valid. Maka Sikap Belajar Siswa berhubungan secara signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa kelas dengan harga r = 0, 786.
2121594/SB/2015 | KKI 371.114 JEL h | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain