Electronic Resource
Upaya Guru PPKn Dalam Membina Moral Dan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII Di Smp Budi MUlia Pakisaji Kab Malang Tahun Ajaran 2014/2015
Sekolah sebagai salah satu lingkungan pendidikan harus senantiasa memperhatikan moral dan kedisiplinan anak dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan kerjasama antara kepala sekolah, guru dan orang tua siswa dalam rangka menumbuhkan atau membina moral dan kedisiplinan pada siswa. Peran guru menjadi sangat esensial dalam perpektif pengembangan pendidikan karakter, budaya, dan moral bangsa melalui proses pendidikan yang berkualitas termasuk didalamnya adalah pendidikan moral, budaya, dan karakter bagi semua peserta didik.
Moral yaitu nilai dan norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau sekelompok dalam mengatur tingkahlakunya. Selanjutnya, istilah moral lebih sering dipergunakan untuk menunjukkan kodeetik, tingkahlaku, adat, atau kebiasaan dari individu atau sekelompok, seperti apabila seseorang membicarakan tentang moral orang lain. Moral adalah hal yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan yang baik sebagai kewajiban atau norma. Moral dapat diartikan sebagai sarana untuk mengukur benar – tidaknya atau baik – tidaknya tindakan manusia
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif jenis Kualitatif maka kesimpulan dari penelitian ini Upaya guru PPKn dalam Membina Moral dan kedisiplinan siswa pada SMP Budi Mulia Pakisaji meliputi menasehati, keteladanan dalam berperilaku, memberikan hukuman jika bersalah, memberikan penghargaan (hadiah) jika berprestasi, serta melakukan kerjasama guru dengan orang tua sudah baik. Guru di SMP Budi Mulia Pakisaji selalu memberikan nasihat tentang kedisiplinan dan memantau kehadiran siswanya. Dengan modal disiplin yang baik maka dapat dipastikan moralitas peserta didik atau siswa dapat dimiliki oleh peserta didik dengan baik.
2121589/SB/2015 | KKI 371.114 PER u | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain