Electronic Resource
Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Geografi SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Minat dan motivasi dalam belajar merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Geografi siswa kelas X SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan: (1) Apakah ada pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Geografi SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Geografi SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Apakah ada pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Geografi SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015? Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian survey research, populasi penelitian sebanyak 36 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data minat belajar, motivasi belajar, dan data prestasi belajar Geografi diperoleh melalui dokumen nilai UTS. Semua data dianalisis dengan teknik analisis SPSS 16.00 for Windows. Berdasarkan hasil penghitungan dan pembahasan diperoleh: (1) Tingkat pengaruh minat belajar siswa kelas X SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang tergolong positif pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa, ini dibuktikan bahwa perhitungan thitung diperoleh nilai 4,972 dan nilai ttabel sebesar 2.035 dengan nilai sig yaitu sebesar 0,004. (2) Tingkat pengaruh motivasi belajar siswa X SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, ini dibuktikan bahwa perhitungan thitung diperoleh nilai 3,367 dan nilai ttabel sebesar 2.035 dengan nilai sig yaitu sebesar 0,003. (3) Secara simultan pengaruh minat dan motivasi belajar siswa kelas X mata pelajaran geografi SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yaitu sebesar 55,482 dan nilai ftabel sebesar 3.284 dengan nilai sig yaitu sebesar 0,002. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara minat terhadap prestasi belajar, ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar dan ada pengaruh minat dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Geografi SMA Widya Dharma Turen Kabupaten Malang tahun pelajaran 2014/2015.
2121549/SB/2015 | KKI 910 SUL p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain