Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP 02 Wagir Kabupaten Malang
Ketika dilakukan observasi metode pembelajaran IPS Geografi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran kelas VII SMP 02 Wagir Malang adalah ceramah, tanya jawab dan penugasan. Kegiatan siswa pada saat pembelajaran adalah mendengarkan penjelasan guru dan mencatat materi. Siswa tidak memiliki buku penunjang sehingga harus mencatat materi, hal itu menyebabkan siswa sering keluar kelas dan tidak mencatat materi karena capek mencatat materi yang banyak. Hasil belajar siswa juga rendah, rata-ratanya yaitu 31,03. Jumlah itu kurang dari standar ketuntasan minimal, SKM untuk mata pelajaran IPS Geografi di SMP 02 Wagir Malang sebesar 65. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (G). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran peta pikiran. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan mei 2014. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 29 siswa SMP 02 Wagir Malang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data melalui tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 31,03 pada siklus 1 meningkat menjadi 48,27 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,20. Keaktifan siswa juga meningkat, pada siklus 1 sebesar 34,2% pada siklus 2 menjadi 85,2%. Berdasarkan analisis terdapat peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa. Hasil belajar sebelum penelitian adalah 31,03%. Pada siklus 1 meningkat menjadi 48,27% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,20%. Keaktifan siswa juga meningkat, pada siklus 1 sebesar 34,2% pada siklus 2 menjadi 85,2%. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa kelas VII SMP 02 Wagir Kabupaten Malang
2121444/SB/2015 | KKI 910 SEL p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain