Electronic Resource
Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Kristen Petra Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua yang tinggi atau rendah sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Anak yang berasal dari keluarga yang tingkat pendidikan dan pendapatannya tinggi akan lebih banyak mendapat bimbingan dan kemudahan pemenuhan kebutuhan fasilitas belajar dibandingkan dengan orang tua yang tingkat pendidikan dan pendapatannya rendah akan lebih sulit untuk membimbing dan memenuhi kebutuhan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar (2) pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap hasil belajar (3) pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar Geografi siswa SMA Kristen Petra Malang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau saturation sampling yaitu teknik pengambilan seluruh anggota populasi sebagai sampel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa dan juga jumlah sampel yang diambil berjumlah 35 responden. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode Penelitian deskriptif kuatitatif dan korelasional. Racangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dimana penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa SMA Kristen Petra Malang. Hasil penelitian ini diketahui bahwa tinggi rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan pendapatan orang tua sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan (1) ada pengaruh signifikan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar, terbukti dengan hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai Koefisien Regresi yaitu 0,048 < 0,05, (2) ada pegaruh signifikan antara pendapatan orang tua terhadap hasil belajar, terbukti dengan hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai Koefisien Regresi yaitu 0,000 < 0,05, (3) ada pengaruh signifikan antara tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap variabel hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan hasil analisa regresi berganda diperoleh nilai Koefisien Regresi yaitu 0,000 < 0,05. Saran-saran yang dapat diajukan adalah: (1) Siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui bimbingan dan perhatian orang tua. (2) Guru harus menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menyenangkan. (3) Bagi peneliti meningkatkan profesionalisme sebagai seorang guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (4) Peneliti selanjutnya menjadi sumber informasi pentingnya pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar.
2121365/SB/2015 | KKI 910 RIA p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain