Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA PGRI Lawang Malang Tahun Pelajaran 2014/2015

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA PGRI Lawang Malang Tahun Pelajaran 2014/2015

Herkulanus Edo - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd. - Nama Orang; Drs. Soetjipto, Th., S.H., S.E., M.Pd. - Nama Orang;

Mengingat selama ini mata pelajaran geografi dianggap sulit. Maka, Iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar, Penggunaan tipe pembelajaran STAD digunakan untuk memecahkan asumsi pemecahan pembelajaran konvensional yang selama ini diterapkan dalam pembelajaran dikelas. Untuk meningkatkan prestasi belajar geografi. siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dalam kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA PGRI Lawang Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimental, jadi penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas X SMA PGRI Lawang Malang tahun pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 34 siswa dan terbagi dalam dua kelas yaitu: X IPS 1 – X IPS 2 dengan jumlah siswa disetiap kelasnya terdiri dari 16 - 18 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel, yaitu X IPS 1 dan X IPS 2 sebagai sampel penelitian. Penetapan kedua kelas tersebut dengan dengan pemilihan kelas IPS yang ada di SMA PGRI Lawang Malang. Untuk menguji hipotesis yang diajukan maka Adapun kriteria keputusan pengujiannya adalah jika Lv < Lt pada taraf signifikansi 5 %, hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh yang positif, dan jika Lt>Lv hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif. Pada kemampuan akhir diperoleh Lt= 0,2089 dan Lv = 0,1689 jadi hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara data nilai prestasi belajar geografi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar geografi siswa kelas X IPS SMA PGRI Lawang Malang yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan secara konvensional. Dilihat dari data kemampuan awal untuk kelas eksperimen memiliki nilai terendah 30 dan nilai tertingginya 65 setelah pemberian perlakuan menjadi nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dari pada model pembelajaran konvensional.


Ketersediaan
2121364/SB/2015KKI 910 EDO pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 EDO p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Student Teams Achievement Division
Model Pembelajaran STAD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik