Electronic Resource
Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Fatahillah Singosari
Dalam dunia pendidikan menghadapi fakta bahwa semakin majunya teknologi dan derasnya arus globalisasi menuntut untuk bisa melahirkan generasi yang siap bersaing dan bisa mengenali potensi diri serta bisa mengembangkan seoptimal mungkin kemampuan yang ada. Agar lahir dari dunia pendidikan sumber daya manusia yang handal, maka dari itu dibutuhkan suatu dorongan untuk mengembangkan potensi diri seluas-luasnya yang lebih dikenal dengan motivasi berprestasi. Motivasi berfungsi sebagai pendorong kemampuan, usaha, keinginan, menentukan arah dan menyeleksi tingkah laku (kontrol diri).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kontrol diri siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Singosari yang berhubungan dengan motivasi berprestasi. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara kontrol diri dengan motivasi berprestasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah kontrol diri sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi berprestasi.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Singosari yang berjumlah 42 siswa.
Pengambilan data dengan metode koesioner dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket kontrol diri sebanyak 20 item dan angket motivasi berprestasi sebanyak 20 item. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas item angket. Dari hasil data yang diperoleh dan dianalisis ditemukan tingkat kontrol diri dan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Singosari pada taraf sedang dengan prosentase sebesar untuk kontrol diri 79% atau 33 siswa, dan motivasi berprestasi dengan prosentase 81% atau 34 siswa, sedangkan korelasi diperoleh hasil nilai koefisien korelasi atau rhitung 0,661 > rtabel 0,1 atau korelasi positif dengan tingkat signifikansi 0,000, atau sangat signifikan. Dengan temuan penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Singosari cukup dalam kemampuan mengontrol diri sehingga motivasi berprestasi siswa berada pada kategori sedang. Dalam hal ini pihak sekolah harus lebih memperhatikan kontrol diri siswa dengan evaluasi perilaku siswa untuk meningkatkan motivasi berprestasinya.
2121315/SB/2015 | KKI 371.4 MIS h | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain