Electronic Resource
Pengembangan Modul Kedisiplinan Belajar Dengan Teknik Self Manajement Bagi Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Selorejo Kabupaten Blitar
Peran bimbingan dan konseling diantaranya untuk membekali individu dengan berbagai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenal diri, merencanakan dan mengembangkan pola kehidupan sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat. Namun berbagai masalah masih sering dirasakan bimbingan dan konseling, realita yang terjadi di sekolah saat ini khususnya sekolah menengah pertama (SMP), bahwa siswa menyia-nyiakan dan tidak memanfaatkan waktunya untuk belajar. Dalam hal ini yang perlu diperbaiki adalah menerapkan teknik kedisiplinan yang menyenangkan dan menarik, salah satunya dengan teknik self-management. Berdasarkan observasi, hasil angket kebutuhan siswa, dan hasil wawancara dengan konselor, fakta yang ada di SMP Negeri 2 Selorejo belum pernah memberikan pelatihan self-management dan belum pernah mempunyai modul kedisiplinan belajar dengan teknik selfmanagement.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan panduan bagi siswa SMP sebagai media pembelajaran pelatihan dan informasi tentang bagaimana menerapkan kedisiplinan belajar dengan teknik self-management yang memenuhi syarat akseptabilitas dari aspek ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan.
Rancangan yang digunakan adalah rancangan Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2010:291) yang telah disederhanakan menjadi empat tahap yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan kebutuhan penelitian. Tahapan penelitian dimulai dari tahap persiapan, tahap pengembangan, pasca pengembangan (uji coba), kemudian tahap revisi produk.
Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan uji ahli materi bimbingan dan konseling menyatakan 88,46% modul kedisiplinan belajar dengan teknik selfmanagement tepat, berguna, mudah, menarik; uji ahli media menyatakan 73,91% modul kedisiplinan belajar dengan teknik self-management tepat, berguna, mudah, menarik; uji calon pengguna produk menyatakan 91,30% modul kedisiplinan belajar dengan teknik self-management tepat, berguna, mudah, menarik. Uji ahli dan calon pengguna produk menunjukkan bahwa modul kedisiplinan belajar dengan teknik self-management memenuhi syarat akseptabilitas.
Saran pengembangan modul kedisiplinan belajar dengan teknik selfmanagement adalah untuk dijadikan media dalam memberikan layanan bimbingan untuk membantu siswa mengelola kedisiplinan belajarnya. Isi modul dapat dilakukan revisi berkelanjutan dan perlu uji coba produk kepada sasaran yaitu siswa agar diketahui keefektifan produk yang dihasilkan.
2121300/SB/2015 | KKI 371.4 SET p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain