Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Kedisiplinan Belajar Dengan Teknik Self Manajement Bagi Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Selorejo Kabupaten Blitar

Electronic Resource

Pengembangan Modul Kedisiplinan Belajar Dengan Teknik Self Manajement Bagi Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Selorejo Kabupaten Blitar

Fina Setyowati - Nama Orang; Drs. F.I Soekarman, M. Pd - Nama Orang; Laily Tiarani, S.Pd, M.Pd - Nama Orang;

Peran bimbingan dan konseling diantaranya untuk membekali individu dengan berbagai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenal diri, merencanakan dan mengembangkan pola kehidupan sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat. Namun berbagai masalah masih sering dirasakan bimbingan dan konseling, realita yang terjadi di sekolah saat ini khususnya sekolah menengah pertama (SMP), bahwa siswa menyia-nyiakan dan tidak memanfaatkan waktunya untuk belajar. Dalam hal ini yang perlu diperbaiki adalah menerapkan teknik kedisiplinan yang menyenangkan dan menarik, salah satunya dengan teknik self-management. Berdasarkan observasi, hasil angket kebutuhan siswa, dan hasil wawancara dengan konselor, fakta yang ada di SMP Negeri 2 Selorejo belum pernah memberikan pelatihan self-management dan belum pernah mempunyai modul kedisiplinan belajar dengan teknik selfmanagement.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan panduan bagi siswa SMP sebagai media pembelajaran pelatihan dan informasi tentang bagaimana menerapkan kedisiplinan belajar dengan teknik self-management yang memenuhi syarat akseptabilitas dari aspek ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan.
Rancangan yang digunakan adalah rancangan Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2010:291) yang telah disederhanakan menjadi empat tahap yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan kebutuhan penelitian. Tahapan penelitian dimulai dari tahap persiapan, tahap pengembangan, pasca pengembangan (uji coba), kemudian tahap revisi produk.
Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan uji ahli materi bimbingan dan konseling menyatakan 88,46% modul kedisiplinan belajar dengan teknik selfmanagement tepat, berguna, mudah, menarik; uji ahli media menyatakan 73,91% modul kedisiplinan belajar dengan teknik self-management tepat, berguna, mudah, menarik; uji calon pengguna produk menyatakan 91,30% modul kedisiplinan belajar dengan teknik self-management tepat, berguna, mudah, menarik. Uji ahli dan calon pengguna produk menunjukkan bahwa modul kedisiplinan belajar dengan teknik self-management memenuhi syarat akseptabilitas.
Saran pengembangan modul kedisiplinan belajar dengan teknik selfmanagement adalah untuk dijadikan media dalam memberikan layanan bimbingan untuk membantu siswa mengelola kedisiplinan belajarnya. Isi modul dapat dilakukan revisi berkelanjutan dan perlu uji coba produk kepada sasaran yaitu siswa agar diketahui keefektifan produk yang dihasilkan.


Ketersediaan
2121300/SB/2015KKI 371.4 SET pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.4 SET p
Penerbit
Malang : Bimb. dan Konseling Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
ix, 129 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.4
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Modul
Teknik Self-management
Kedisiplinan Belajar
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengembangan Modul Kedisiplinan Belajar Dengan Teknik Self-Management Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Selorejo Kabupaten Blitar
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik