Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII D SMPN 2 Pakisaji Tahun Pelajaran 2014-2015

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII D SMPN 2 Pakisaji Tahun Pelajaran 2014-2015

Chandra Hasanal Aziz - Nama Orang; Drs. I Ketut Suastika, M.Si. - Nama Orang; Drs. Ponirin, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran yang selama ini diterapkan guru di kelas kebanyakan masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru sedangkan siswa hanya menghafal fakta-fakta dari pada menguasai keahlian, dan selama itu kemampuan siswa untuk berfikir kritis dan demokratis tidak nampak, sehingga peran siswa dalam pembelajaran terlihat pasif dan masih kesulitan untuk memahami konsep-konsep. Salah satu pembelajaran peran aktif dalam kegiatan belajar mengajar adalah pembelajaran dengan pendekatan Problem Solving. Menurutt Sanjaya (2005:31) pembelajaran ini lebih menekankan proses berfikir untuk memecahkan masalah, dengan demikian pengetahuan yang diperoleh siswa dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pendekatan Problem Solving pada persamaan garis lurus untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMPN 2 Pakisaji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VIII D SMPN 2 Pakisaji semester ganjil tahun ajaran 2014-2015, yang terdiri dari 28 siswa. Tindakan pada penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama dan kedua dilaksanakan secara murni sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan. Prosedur penjaringan data dilakukan dengan cara (1) lembar observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan (3) tes individu dan dilakukan analisis data secara diskriptif kualitatif. Pembelajaran pendekatan Problem Solving dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu; (1) pembukaan, (2) penjelasan materi, (3) kegiatan kelompok, dan (4) penutup. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ketuntasan belajar siswa berturut-turut adalah 35,71%, 53,57%, dan 82,14%. Dengan demikian berdasarkan KKM pada mata pelajaran matematika, maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan matematika khususnya materi persamaan garis lurus dengan menerapkan pembelajaran pendekatan Problem Solving sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang mendukung PAKEM.


Ketersediaan
2121268/SB/2015Perpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 AZI p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xiv, 117 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Pembelajaran Pendekatan Problem Solving
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik