Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Make A-Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Menghadapi Pelajaran Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA MTs. Sullamul Hidayah Probolinggo dengan model pembelajaran Make A-Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIIIA. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA MTs. Sullamul Hidayah Probolinggo yang terdiri dari 39 orang dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, pemberian angket, pendokumentasian serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA MTs. Sullamul Hidayah Probolinggo setelah diadakan tindakan berupa pembelajaran dengan model pembelajaran Make A-Match. Pembelajaran meliputi kegiatan persiapan guru dan siswa dalam memulai pembelajaran, pengelompokkan, pembahasan materi, permainan “mencari pasangan”, persentasi dan pembahasan hasil permainan, penghargaan kelompok, penyimpulan materi. Kartu dalam permainan “mencari pasangan” berisi soal dan jawaban dari kartu yang lain. Hasil angket motivasi menunjukkan banyaknya siswa yang termotivasi pada saat pembelajaran adalah 79,49%. Hasil angket menunjukkan, banyaknya siswa berkategori tinggi pada aspek motivasi “komitmen dalam menghadapi tugas” adalah 94,87%, pada aspek “tekun dalam belajar” adalah dan 84,62%, pada aspek “ulet dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan” adalah 92,31%, pada “aspek senang mencari dan memecahkan masalah (soal-soal)” adalah 82,05%, pada aspek “dapat mempertahankan pendapat” adalah 84,62%, pada aspek “mampu mengalokasikan waktu untuk belajar” adalah 94,87%. Hasil tes belajar matematika rata-rata kelasnya mencapai 77,14 dan banyaknya siswa yang tuntas dalam pembelajaran mencapai 84,62%. Dari data di atas, diketahui bahwa indikator keberhasilan telah tercapai, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A-Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIIA MTs. Sullamul Hidayah Probolinggo.
2121258/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain