Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP PGRI 7 Malang Tahun Ajaran 2014/2015

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP PGRI 7 Malang Tahun Ajaran 2014/2015

Titik Nurdiah - Nama Orang; Dra. Retno Marsitin, M.Pd. - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, M.Pd. - Nama Orang;

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan mulai dari tingkatan sekolah dasar sampai tingkatan sekolah menengah. Berdasarkan hasil observasi awal di sekolah, seringkali muncul ungkapan dari siswa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami sehingga menyebabkan matematika menjadi mata pelajaran yang kurang digemari dan ditakuti. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika masih kurang, terlihat dari berbagai siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru, malu bertanya dan takut untuk menjawab pertanyaan guru sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar siswa yang memenuhi Standar Kompetensi Minimal (SKM) belum mencapai 50% siswa. Keberhasilan siswa sangat bergantung pada pemilihan model pembelajaran matematika yang tepat. Berdasarkan hasil observasi dan fakta yang ada maka peneliti memilih jigsaw sebagai model pembelajaran. Model pembelajaran jigsaw adalah pembelajaran yang membagikan siswa dalam kelompok kecil beranggotakan 4-5. Setiap siswa dalam kelompok diberi sub bab yang berbeda-beda, lalu siswa berkumpul dengan kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan subbabnya masing-masing, setelah itu siswa kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan hasil diskusinya. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap materinya sendiri dan materi siswa lain.


Ketersediaan
2121254/SB/2015Perpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 NUR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xiv, 173 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran Jigsaw
Hasil belajar
Keaktifan
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik