Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Kristen Petra Malang Tahun Pelajaran 2014/2015 Pada Pokok Bahasan Bangun Datar
Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VII A SMP Kristen Petra Malang adalah rendahnya hasil belajar matematika. Dari permasalahan tersebut maka diadakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Dalam model ini, guru berperan sebagai pembimbing dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran penemuan menggunakan lembar kerja siswa. Melalui model ini siswa dapat belajar sendiri untuk menemukan rumus untuk menghitung keliling dan luas bangun datar segiempat dengan menggunakan lembar kerja siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam suatu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adaah seluruh siswa kelas VII A SMP Kristen Petra Malang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi, catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari daftar nilai UTS siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 44% menjadi 72% pada siklus I dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning menggunakan lembar kerja siswa (LKS). Dengan demikian hendaknya guru dapat menggunakan model ini saat melaksanakan pembelajaran.
2121245/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain