Electronic Resource
Penerapan Metode Diskusi Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Sub Tema Mobilitas Penduduk Antar Wilayah Indonesia Kelas VII-A MTs Al-Hamidiyah Putat Lor Gondanglegi Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Kelas VII-A MTs Al-Hamidiyah putat lor merupakan kelas yang murid-muridnya kurang aktif dalam pembelajaran yang ada di kelas. Dilihat dari Hasil belajar di kelas VII-A MTs Al-Hamidiah Putat Lor Gondanglegi masih rendah, hal tersebut dikarenakan dari 34 siswa semuanya mendapatkan nilai di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimum). Dilihat dari hasil ulangan harian tersebut masih jauh dari apa yang diharapakan, dengan demikian dalam proses pembelajaran guru membutuhkan metode dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar sesuai dengan KKM yang ditentukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan pada hasil belajar di mata pelajaran IPS menggunakan metode diskusi dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan di MTs Al-Hamidiyah Putat Lor Gondanglegi pada tanggal 2 Desember sampai tanggal 17 Desember 2014. Diketahui dari 34 siswa hanya 18 siswa atau 53 % yang mendapat nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dan 16 siswa atau 47 % yang mendapat nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai rata-rata kelas VII-A adalah 73,4 %, dan mengalami peningkatan pada siklus II dari 34 siswa, 29 siswa atau 85% yang mendapat nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan 6 siswa atau 17 % siswa yang tidak tuntas atau di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai rata-rata kelas VII-A adalah 81,3 %. Dilihat dari peningkatan hasil belajar di atas maka bisa dikatakan penerapan metode diskusi menggunakan media gambar sudah berhasil dilakukan pada kelas VII-A MTs Al-Hamidiyah Putat Lor Gondanglegi.
2121243/SB/2015 | KKI 910 ERF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain