Electronic Resource
Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Keadaan Alam Dan Aktivitas Penduduk Indonesia Siswa Kelas VII SMP LPPUK Lawang Tahun Pelajaran 2014/2015
"Observasi awal pada kelas VII SMP LPPUK Lawang, dalam pembelajaran IPS model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat, pembelajaran hanya terfokus pada guru dan,kurangnya keikutsertaan siswa pada kegiatan pembelajaran. Sehingga, IPS dipandang merupakan pelajaran menghafal serta kegiatan yang membosankan. Nilai pratindakan siswa yang memenuhi ketuntasan belajar hanya sebesar 69,2% (18 dari 26 siswa). Untuk itu, perlu adanya perbaikan terhadap model pembelajaran yang digunakan, dalam kesempatan ini peneliti menerapkan model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian, untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatakan hasil belajar pada mata pelajaran IPS? (2 ) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatakan hasil belajar pada mata pelajaran IPS? Penelitian melakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan model Quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia pada siswa kelas VII SMP LPPUK Lawang. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 65 dengan ketuntasan klasikan sebesar 69,2% (18 dari 26 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,6% (22 dari 26 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 92,3% (24 dari 26 siswa). Dari penelitian dapat disimpulkan, pembelajaran dengan menerapkan model Quantum Teaching pada awal pembelajaran guru harus menetapkan aturan dalam pembelajaran serta melakukan apersepsi guna menggali kemampuan awal siswa dan menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran. Pada inti pelajaran guru harus mengembangkan pembelajaran aktif dan menyenangkan. Pada akhir pelajaran guru bersama siswa mengulang kembali materi pelajaran serta merayakan setiap usaha siswa. Saran, Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti berharap kepada guru untuk menerapkan model pembalajaran ini dalam pembelajaran dikelas.
2121239/SB/2015 | KKI 910 WIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain