Electronic Resource
Pengaruh Pendapatan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Kristen Petra Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Pada dasarnya pendapatan orang tua yang tinggi atau orang tua yang berpendapatan rendah sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa, karna pada umumnya anak yang berasal dari keluarga menengah keatas lebih banyak mendapat pengarahan dan bimbingan yang baik dari orang tuanya dibanding dengan orang tua yang berpendapatan rendah sehingga akan lebih sulit memenuhi kebutuhan belajar sisiwa baik secara materi maupun secara moril. Hal ini akan berpengaruh juga dalam memberi dukungan yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, sehingga berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendapatan orang tua terhadap Hasil Belajar Ips Geografi Siswa Kelas VIII SMP Kristen Petra Malang Tahun Ajaran 2014/2015, (2) pengaruhmotivasi elajar siswa terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Kristen Petra Malang Tahun Ajaran 2014/2015, (3) Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Kristen Petra Malang Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau (saturation sampling) yaitu teknik pengamilan seluruh anggota populasi sebagai sampel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 51 responden. Dari hasil penelitian ini diketahui (1) terdapat berpengaruh signifikan antara pendapatan orang tua terhadap variabel hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan hasil analisi regresi berganda diperoleh nilai Koefisien Regresi yaitu 0,036 < 0,05. (2) terdapat berpengaruh signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap variabel hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan hasil analisi regresi berganda diperoleh nilai Koefisien Regresi yaitu 0,000 < 0,05. (3) terdapat berpengaruh signifikan antara pendapatan orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap variabel hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan hasil analisi regresi berganda diperoleh nilai Koefisien Regresi yaitu 0,000
2121236/SB/2015 | KKi 910 HAN p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain