Electronic Resource
Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bululawang Tahun Pelajaran 2014/2015
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Kemampuan-kemampuan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Apabila siswa ingin mendapatkan hasil belajar yang maksimal maka siswa tersebut harus ada motivasi yang tinggi dalam belajar maka dengan sendirinya siswa tersebut akan memiliki disiplin yang tinggi pula,sehingga dapat mendukung meningkatnya hasil belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, (2) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar, (3) mengetahui secara simultan pengaruh motivasi belajar dan disipliin belajar terhadap hasil belajar.
Adapun populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 BULULAWANG dengan jumlah siswa 170 siswa dari 5 kelas, menggunakan Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Untuk mengetahui jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rumus dari teori Arikunto sehingga diperoleh 45 siswa yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah; pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar sebagai variabel bebasnya,dan hasil belajar sebagai variabel terikatnya. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi .
Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS For Windows versi 22, dapat diketahui bahwa variabel bebas yang meliputi pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar secara parsial maupun secara simultan dapat berpengaruh signifikan antara motivasi belajar(X1), dan disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS Geografi di SMP Negeri 2 Bululawang yaitu sebesar 85,6 %
2121232/SB/2015 | KKI 910 KUR p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain