Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 Semester 1 Sma Negeri 1 Gondanglegi Pada Pokok Bahasan Kependudukan Tahun Pelajaran 2014 / 2015
Hasil pengamatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran siswa kelas XI-IPS4 SMA Negeri 1 Gondanglegi pada mata pelajarn Geografi sangatlah rendah hasil belajarnya dikarenakan dalam mengajar hanya bercermah saja tanpa adanya suatu model pembelajaran didalamnya, cara menagajar guru yang monoton menyebabkan banyak siswa saat ulangan harian hasil belajarnya rendah. Hal ini terbukti pada hasil ulangan harian nilai rata-rata ulangan siswa hanya 61 dengan presentase 7,4% dan hanya terdapat 2 siswa yang mencapai KKM dari 27 siswa. Dimana KKM yang ditetapkan pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Gondanglegi adalah 75. Sehingga dari 27 siswa kurang dari 92,6% untuk mencapai ketuntasan. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk dapat meningktakan hasil belajar siswa kelas XI-IPS4 Semeseter 1 SMA Negeri 1 Gondanglegi pada pokok bahasan kependudukan Tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dipenelitian ini menggunakan dua siklus yang digunakan dalam pembelajaran Snowball Throwing. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model Snowball Throwing siklus I presentasenya sebesar 44% dengan rata-rata nilai 73 sedangkan siklus II presentase 96% dengan nilai rata-rata 78. Selisih kenaikannya sebesar 52%. Jadi mengalami kenaikan. Dari hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diambil dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar.
2121227/SB/2015 | KKI 910 AMA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain