Electronic Resource
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Geografi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tink Pair Shere (TPS) Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Gondanglegi Malang Kelas XI-B
Pembelajaran Geografi di sekolah masih ditemukan berbagai kelemahan, salah satunya ialah penggunaan model pembelajaran yang tidak menarik bagi siswa. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 20 0ktober 2013 di kelas XI-B MA Darul Ulum Gondanglegi Malang diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru, sedang siswa hanya duduk, mendengar dan mencatat. Siswa tidak tertarik dan senang terhadap pelajaran geografi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI-B semester 2 MA Darul Ulum Gondanglegi Malang pada materi Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Darul Ulum Gondanglegi Malang tahun pelajaran 2013/2014 khususnya kelas XI-B yang terdiri dari 18 siswa. Instrumen penelitian mencakup Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil belajar yang didapat ternyata menunjukkan peningkatan. Nilai ketuntasan dari awal sebelum tindakan, tindakan I, tindakan II secara urut masing-masing adalah 40%, 86,66% dan 95%. Dengan kriterianya berturut-turut adalah tidak cukup, cukup, sangat baik. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa kelas XI-B MA Darul Ulum Gondanglegi Malang tahun ajaran 2013/2014 khususnya pada materi Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup.Saran yang dapat diajukan adalah agar model pembelajaran Think Pair Share (TPS)dapat dijadikan model alternatif pembelajaran oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa
2121220/SB/2015 | KKI 910 HAD u | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain