Electronic Resource
Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Menggunakan Model Make A Match Di Kelas X IPS SMA Kristen Petra Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
SMA Kristen Petra Malang merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013, tetapi pada kenyataanya, siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil observasi awal dilakukan oleh peneliti pada kelas X IPS SMA Kristen Petra Malang, terlihat siswa di dalam kelas ini tidak begitu antusias dalam mengikuti pelajaran geografi, hanya beberapa siswa saja yang aktif atau antusias dalam mengikuti pelajaran geografi dan memahami materi yaitu sekitar 30% atau 4 siswa dan 70% atau sekitar 11 siswa di dalam kelas ini tidak begitu antusias atau aktif dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat menunjang dalam pembentukan nilai keaktifan ialah make a match. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X IPS SMA Kristen Petra Malang pada Materi Pengaruh Vulkanisme Terhadap Kehidupan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan pendekatan kuntitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa X IPS SMA Kristen Petra Malang yang terdiri dari 7 putra dan 8 putri. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat persentase siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 66.67% dan pada siklus II sebesar 86.67%. Keterlaksanaan pembelajaran pun meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 93.33% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatakan keaktifan pada pelajaran Geografi SMA Kristen Malang. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang mempunyai permasalahan yang sama di dalam kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran make a match.
2121217/SB/2015 | KKI 910 DWI m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain