Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015

Electronic Resource

Penerapan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015

Hermina Mulyati Sudir - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd. - Nama Orang; Drs.Triwahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan penilaian portofolio di kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Malang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Malang yang berjumlah 33 orang, yang terdiri atas 19 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket motivasi, lembar observasi dan temuan catatan lapangan.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Data yang berkaitan dengan observasi dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sedangkan data dari hasil tes dan hasil angket dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan penilaian portofolio dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS.Setelah dilakukan tindakan dengan pembelajaran menggunakan penilaian portofolio di siklus I, hasil angket dan tes pada siklus I menunjukkan persentase rata-rata motivasi masih rendah yaitu 31,52%(persentase tertinggi siswa menjawab jarang)dan nilai rata-rata IPS siswa 90,6% sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 75 sebesar 93,94% atau sebanyak 31 siswa. pada siklus II, persentase rata-rata motivasi siswa sudah meningkat menjadi 82% (persentase tertinggi siswa menjawab selalu) dan nilai rata-rata IPS siswa menjadi 93,22% sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 75 juga meningkat 100% atau sejumlah 33 siswa. Berdasarkan simpulan dan keterbatasan penelitian, maka disarankan: 1) Bagi guru, agar penilaian bisa dilakukan secara objektif, otentik, danakurat yang melingkupi semua usaha dan aktivitas siswa dalampembelajaran, dalam merancang dan melaksanakan penilaian kepadapeserta didik, bapak-ibu guru hendaknya tidak hanya menggunakaninstrumen tes, tetapi dengan berbagai jenis dan aspek penilaian, tertutama penilaian portofolio yang bisa melibatkan banyak intrumen penilaian. 2) Bagi peneliti lain, yang mau melakukan penelitian dengan menerapkan penilaian portofolio dengan maksud agar semakin memotivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. dapat dilakukan dengan jangka waktu agak lama, agar mendapatkan hasil yang maksimal.


Ketersediaan
2121215/SB/2015KKI 910 SUD p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 SUD p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Motivasi Belajar
Skripsi
Penilaian Portofolio
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik