Electronic Resource
Penerapan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan penilaian portofolio di kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Malang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Malang yang berjumlah 33 orang, yang terdiri atas 19 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket motivasi, lembar observasi dan temuan catatan lapangan.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Data yang berkaitan dengan observasi dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sedangkan data dari hasil tes dan hasil angket dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan penilaian portofolio dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS.Setelah dilakukan tindakan dengan pembelajaran menggunakan penilaian portofolio di siklus I, hasil angket dan tes pada siklus I menunjukkan persentase rata-rata motivasi masih rendah yaitu 31,52%(persentase tertinggi siswa menjawab jarang)dan nilai rata-rata IPS siswa 90,6% sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 75 sebesar 93,94% atau sebanyak 31 siswa. pada siklus II, persentase rata-rata motivasi siswa sudah meningkat menjadi 82% (persentase tertinggi siswa menjawab selalu) dan nilai rata-rata IPS siswa menjadi 93,22% sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 75 juga meningkat 100% atau sejumlah 33 siswa. Berdasarkan simpulan dan keterbatasan penelitian, maka disarankan: 1) Bagi guru, agar penilaian bisa dilakukan secara objektif, otentik, danakurat yang melingkupi semua usaha dan aktivitas siswa dalampembelajaran, dalam merancang dan melaksanakan penilaian kepadapeserta didik, bapak-ibu guru hendaknya tidak hanya menggunakaninstrumen tes, tetapi dengan berbagai jenis dan aspek penilaian, tertutama penilaian portofolio yang bisa melibatkan banyak intrumen penilaian. 2) Bagi peneliti lain, yang mau melakukan penelitian dengan menerapkan penilaian portofolio dengan maksud agar semakin memotivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. dapat dilakukan dengan jangka waktu agak lama, agar mendapatkan hasil yang maksimal.
2121215/SB/2015 | KKI 910 SUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain