Electronic Resource
Penerapan MOdel Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIIIC Pada Materi Persebaran Penduduk Migrasi SMP PGRI 01 Singosari Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas VIIIC SMP PGRI 01 Singosari Malang dapat diketahui bahwa metode yang diterapkan di kelas tersebut adalah metode ceramah. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan cara ceramah disertai dengan tanya jawab, memberikan latihan soal, dan memberikan PR, ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah yaitu 10 dari 32 siswa. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Trianto (2011) faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah proses pembelajaran dengan suasana kelas cenderung teacher-centered. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang dipakai, dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada materi persebaran penduduk dan migrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP PGRI 01 Singosari Malang?” dan tujuan penelitian ini adalah untuk meingkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP PGRI 01 Singosari Malang pada materi persebaran penduduk dan migrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP PGRI 01 Singosari Malang melalui pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Siklus I dan Siklus II dengan pokok bahasan persebaran penduduk dan migrasi di Indonesia. Subjek dalam penelitian ini kelas VIIIC SMP PGRI 01 Singosari Malang yang berjumlah 32 siswa. Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar IPS yang tergambarkan pada saat guru mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Karena pembelajaran terkait dengan dunia nyata atau siswa mengerti manfaat isi pembelajaran, maka belajar akan lebih bermakna bagi siswa.
Hasil peneilitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan perolehan nilai hasil belajar siswa pra tindakan 31,25%. Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Think Talk Write, hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 62,5% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90,62% atau 29 siswa yang mencapai KKM.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP PGRI 01 Singosari Malang. Dari hasil penelitian ini, siswa diharapkan mampu mengerjakan soal yang diberikan oleh guru serta mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi persebaran penduduk dan migrasi yang telah dijelaskan oleh guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2121212/SB/2015 | KKI 910 OSC p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain