Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Potensi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Indonesia Kelas VII J SMP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015

Electronic Resource

Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Potensi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Indonesia Kelas VII J SMP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015

Maria Fransiska Sura Payon - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd. - Nama Orang;

Pada studi pendahulu yaitu observasi peneliti di SMP Negeri 2 Malang diketahui bahwa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS khususnya di kelas VII J guru lebih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Berdasarkan masalahan tersebut, maka dibuatlah rumusan masalah yaitu : Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII J SMP Negeri 2 Malang Pada Mata Pelajaran IPS? Dari rumusan masalah tersebut tujuan penelitian yaitu : untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together bagi siswa kelas VII J SMP Negeri 2 Malang Pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2015,. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII J SMP Negeri 2 Malang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Dimana Siklus I belum berhasil sehingga berdasarkan refleksi pada siklus I di lanjutkan Siklus II, dan pada siklus ini sedah mencapai titik keberhasilan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra-tindakan ke siklus I dan siklus II. Rata – rata hasil belajar siswa pra-tindakan sebesar 67,03, pada siklus I meningkat 70, 65 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,81. Dengan ketuntasan belajar pra – tindakan 25%, siklus I 72,72% dan siklus II 81,81%. Sehingga dapat disimpulkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang materi Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, pada siswa kelas VII J SMP Negeri 2 Malang. Penggunaan pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT), untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang materi Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam di kelas VII J SMP Negeri 2 Malang terlihat meningkat pada siklus I dan siklus II. Dimana pada hasil observasi siswa pada siklus I, 72,72% dan hasil belajar 70,65% yaitu dengan perhitungan 8 siswa yang tuntas belajar dan 24 siswa yang belum tuntas belajar. Pada siklus II data – data yang diperoleh dari setiap tindakan yaitu observasi siswa 81,81% dan hasil belajar 77,81%, dengan perhitungan 26 siswa yang tuntas belajar sedangkan 6 siswa belum tuntas belajar. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran IPS, bahwa, dalam proses pembelajaran dikelas dan dalam proses diskusi kelompok disarankan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk menciptakan pemblajaran yang baik, efektif, efisien dan mendapatkan hasil yang optimal.


Ketersediaan
2121210/SB/2015KKI 910 SUR pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 SUR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran
Hasil belajar
Numbered Heads Together
Skripsi
NHT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik