Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Dimidifikasi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Berfikir Kritis Siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 1 Dampit

Electronic Resource

Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Dimidifikasi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Berfikir Kritis Siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 1 Dampit

Rini Wahyuni - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si, M.Pd - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang;

Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas dimodifikasi dipilih karena merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang efektif untuk pembelajaran fisika. Pembelajaran yang diawali dengan memberikan permasalahan diupayakan dapat memberdayakan kemampuan siswa secara optimal guna mendorong siswa untuk berpikir logis, induktif, dan deduktif dalam menghubungkan konsep-konsep fisika sehingga mereka mampu menghasilkan gagasan-gagasan baru dan mengkonstruksi pengetahuan dengan tuntunan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan strategi guided inquiry dan siswa yang diajar Modified Free Inquiry, (2) Untuk mengetahui perbedaan tingkat berfikir kritis tinggi dan tingkat berfikir kritis rendah siswa terhadap pemahaman konsep fisika, (3) Untuk mengetahui interaksi berfikir kritis dan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan strategi guided inquiry dan siswa yang diajar Modified Free Inquiry.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Dampit tahun pelajaran 2014/2015. Jumlah sampel sebanyak 56 siswa dari 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa. Nilai berfikir kritis diperoleh dari nilai tes berfikir kritis yang diberikan kepada siswa, sedangkan nilai pemahaman konsep fisika diperoleh dari tes pemahaman konsep fisika setelah diberi perlakuan. Tes pemahaman konsep tersebut sudah di uji cobakan terlebih dahulu. Data yang diperoleh dari tes pemahaman konsep fisika di analisis dengan uji ANOVA pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan strategi guided inquiry dan siswa yang diajar Modified Free Inquiry (F = 68.269; 0,000 < 0,05); (2) Ada perbedaan tingkat berfikir kritis tinggi dan tingkat berfikir kritis rendah siswa terhadap pemahaman konsep fisika (F = 4.225; 0,045 < 0,05); (3) Tidak ada interaksi antara kemampuan berfikir kritis dan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan strategi guided inquiry dan siswa yang diajar Modified Free Inquiry (F =.037; 0,848 < 0,05).


Ketersediaan
2121066/SB/2015KKI 530 Wah pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 WAH p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xv, 150 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep
Berfikir Kritis
Skripsi
Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Pendidikan Fisika
Inkuiri Bebas Dimodifikasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik