Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Wagir Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang berasosiasi dengan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran artinya dihadapkan pada suatu masalah, yang kemudian dengan melalui pemecahan masalah, melalui masalah tersebut siswa belajar keterampil-keterampilan yang lebih mendasar Model pembelajaran Problem Based Learning ini memberikan ruang yang lebih besar bagi siswa untuk aktif dalam pembelajaran terutama dalam hal bertanya. Selain itu model ini juga dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan yang berupa soal-soal yang ranahnya pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel siswa SMPN 1 Wagir kabupaten malang tahun pelajaran 2014/2015 melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-CSMPN 1 Wagir Kabupaten Malang yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat naturalistik dan jenis penelitiannya adalah PTK Classroom Action Research) yang masing-masing siklus terdiri atas tahapan-tahapan: (1) Perencanaan (planning), 2) Pelaksanaan (acting), (3) Observasi (observating), (4) Refleksi (reflecting).
2120561/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain