Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Heroic Leadership Dan Penugasan Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP LPPU K Lawang
Sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga siswa kurang termotivasi untuk mempelajari matematika. Hal tersebut berujung pada kurangnya pemahaman siswa pada setiap materi matematika, pasif, dan kurangnya percaya diri sehingga berimbas pada hasil belajar siswa yang relatif rendah. Dalam hal tersebut, dibutuhkan suatu pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, melatih sikap kepemimpinan, kepahlawanan, percaya diri serta melatih kedisiplinan siswa. Salah satu pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran kooperatif tipe Student Team Heroic Leadership dan Penugasan Terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kooperatif tipe Student Team Heroic Leadership dan Penugasan Terstruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP LPPU&K Lawang yang berjumlah 11 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas VII SMP LPPU&K Lawang serta peneliti bertindak sebagai guru. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah: 1) data hasil observasi aktivitas peneliti dan siswa selama pembelajaran, 2) data hasil belajar siswa dari tes dan tugas-tugas, 3) hasil angket siswa, dan 4) catatan lapangan. Selanjutnya, data-data tersebut akan dianalisis secara kualitatif-kuantitatif. Deskripsi penerapan pembelajaran terdiri dari 3 tahap. Sebelum masuk ke 3 tahap tersebut, siswa sudah duduk pada kelompoknya sesuai daftar kelompok yang telah dibuat peneliti.
2120533/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain