Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMP PGRI 6 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016
Pembelajaran di sekolah yang masih banyak berpusat pada guru (teacher center. Hal tersebut juga terjadi pada pembelajaran matematika di SMP PGRI 6 Malang. Pemilihan metode, strategi dan pendekatan dalam mendesain model pembelajaran guna adalah bentuk inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dipandang mampu yaitu model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Dimana cara pembelajarannya dengan cara diskusi atau kelompok dengan permainan yang terdiri dari 4-6 siswa tiap kelompoknya. Setiap kelompok yang diwakili ketua, kemudian masing- masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain, selanjutnya masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh. Masalah yang timbul dalam pikiran peneliti dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV di mana siswa tidak bisa pelajara menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel, siswa tidak bisa menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.
2120470/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain