Electronic Resource
Pengaruh Strategi Pembelajaraan Inkuiri Terbimbing Tipe C Dan Strategi Pembelajaraan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari kemampuan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Strategi pembelajaran inkuiri yaitu strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ada beberapa macam strategi pembelajaran inkuiri diantaranya satrategi pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri bebas, dan inkuiri bebas termodifikasi. Self regulated learning (SRL) adalah kemampuan siswa dalam meregulasi pribadinya dalam belajar.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan strategi inkuiri terbimbing tipe C dengan siswa yang diajar menggunakan strategi inkuiri bebas termodifikasi; 2) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan self regualted learning tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuah self regulated learning rendah; 3) untuk mengetahui interaksi antara starategi pembelajaran inkuri (inkuri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi) dengan kemampuan self regulated learning terhadap prestasi.
Populasi pada penelitian ini siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Malang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel pada penelitian ini kelas XI-MIA 1 dan XI-MIA 2. Analisis data menggunakan Anova 2 jalur (2x2) menggunakan SPSS 16 dengan prestasi sebagai variabel terikat sedang strategi pembelajaran inkuiri (inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas) sebagai variabel bebas.
Hasil penelitian yaitu 1) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing tipe C dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi; 2) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan SRL tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan SRL rendah; 3) tidak ada hubungan interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri (inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas) dengan kemampuan self regulated learning terhadap prestasi.
| 2120390/SB/2015 | KKI 530 YAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain