Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaraan Inkuiri Terbimbing Tipe C Dan Strategi Pembelajaraan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari kemampuan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Electronic Resource

Pengaruh Strategi Pembelajaraan Inkuiri Terbimbing Tipe C Dan Strategi Pembelajaraan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari kemampuan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Taufikur Yadi - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang;

Strategi pembelajaran inkuiri yaitu strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ada beberapa macam strategi pembelajaran inkuiri diantaranya satrategi pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri bebas, dan inkuiri bebas termodifikasi. Self regulated learning (SRL) adalah kemampuan siswa dalam meregulasi pribadinya dalam belajar.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan strategi inkuiri terbimbing tipe C dengan siswa yang diajar menggunakan strategi inkuiri bebas termodifikasi; 2) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan self regualted learning tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuah self regulated learning rendah; 3) untuk mengetahui interaksi antara starategi pembelajaran inkuri (inkuri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi) dengan kemampuan self regulated learning terhadap prestasi.
Populasi pada penelitian ini siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Malang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel pada penelitian ini kelas XI-MIA 1 dan XI-MIA 2. Analisis data menggunakan Anova 2 jalur (2x2) menggunakan SPSS 16 dengan prestasi sebagai variabel terikat sedang strategi pembelajaran inkuiri (inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas) sebagai variabel bebas.
Hasil penelitian yaitu 1) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing tipe C dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi; 2) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan SRL tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan SRL rendah; 3) tidak ada hubungan interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri (inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas) dengan kemampuan self regulated learning terhadap prestasi.


Ketersediaan
2120390/SB/2015KKI 530 YAD p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 YAD p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xv, 176 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Skripsi
Inkuiri Termodifikasi
Penguasaan Konsep Fisika Siswa
Kemandirian Belajar.
Pendidikan Fisika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik