Electronic Resource
Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V A Mata Pelajaran PKn Materi Menghargai Keputusan Bersama SDN Bandungrejosari 02 Kec. Sukun Malang
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa kelas VA SDN Bandungrejosari 02 Kec Sukun-Malang pada pra tindakan sangat rendah yaitu hanya mencapai ketuntasan 15% (6 siswa) dan beberapa nilai siswa masih jauh dari KKM (75) yang sudah ditentukan. Siswa menganggap PKn pelajaran yang sulit sehingga motivasi belajar PKn rendah dan ketika pembelajaran berlangsung guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga siswa pasif dan mudah bosan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar diterapkanlah suatu metode Role Playing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Bandungrejosari 02 Kec Sukun-Malang yang terdiri dari 24 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Role Playing dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama kelas VA Bandungrejosari 02 Kec Sukun-Malang, dan bagaimana hasil belajar siswa kelas VA Bandungrejosari 02 Kec SukunMalang terhadap mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama dengan penerapan metode Role Playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Role Playing dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama kelas VA SDN Bandungrejosari 02 Kec Sukun-Malang, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VA SDN Bandungrejosari 02 Kec Sukun-Malang terhadap mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama dengan penerapan metode Role Playing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dinyatakan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu perubahan tingkah laku pada siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 90%, rata-rata hasil belajar tindakan siklus I yaitu 75,62 dan siklus II yaitu 86,57, dan persentase ketuntasan belajar klasikalnya pada siklus I sebesar 48,71% dan siklus II sebesar 88,09%. Dengan demikian berdasarkan kriteria ketuntasan minimal, nilai siswa lebih dari 75 dan persentase ketuntasan belajar klasikalnya lebih dari 70% maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan. Selain itu siswa lebih aktif dan bersemangat selama proses belajar mengajar. Siswa merasa senang dan lebih menyukai mata pelajaran PKn daripada sebelumnya. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA mata pelajaran PKn SDN Bandungrejosari 02 Kec Sukun-Malang
2120131/SB/2015 | KKI 372 Uta p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain