Electronic Resource
Meningkatakan Prestasi Belajar Siswa Materi Organisasi Di Kelas V SDN Ngajum 02 Dengan Model Jigsaw Tahun Pelajaran 2013/2014
Berdasarkan hasil observasi di SDN Ngajum 02 Kecamatan Ngajum, diperoleh bahwa prestasi belajar siswa kelas V masih dibawah KKM. Prestasi belajar adalahsera ngkaian kalimat yang terdiri dari dua kata yaitu prestasi dan belajar dimana kedua kata tersebut saling berkaitan dan diantara keduanya mempunyai pengertian yang berbeda. Rendahnya prestasi belajar terjadi karena guru masih dominan menggunakan model pembelajaran konvesional (ceramah). Model ceramah ini membentuk siswa tidak kreatif dan kurang mandiri. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaharuan, agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Ngajum 02 Kecamatan Ngajum. Model pembelajaran Jigsaw adalah salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif memecahkan masalah dengan bantuan guru sebagai pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah – langkah pembelajaran PKn pada materi organisasi dengan model Jigsaw pada siswa kelas V semester II di SDN Ngajum 02 Kecamatan Ngajum,(2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas V SDN Ngajum 02 Kecamatan Ngajum setelah diterapkan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan definisi organisasi dan siklus II dengan pokok macam – macam organisasi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 di kelas V SDN Ngajum 02 Kecamatn Ngajum. Subjek penelitian ini berjumlah 16 siswa dengan 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I yang mencapai ketuntasan sebanyak 5 siswa dari 16 siswa atau sebesar 31% dan pada siklus II yang mencapai ketuntasan sebanyak 14 siswa atau sebesar 87,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn materi organisasi pada siswa kelas V SDN Ngajum 02 Kecamatan Ngajum. Guru kelas V atau guru kelas lain disarankan menggunakan model pembelajaran yang inovatif agar pembelajaran di kelas tidak monoton, selain itu dapat melatih siswa menjadi aktif, termotivasi, antusias dan tentunya aktifitas dan prestasi belajar siswa akan meningkat.
2120015/SB/2015 | KKI 372 Yun m | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain