Electronic Resource
Minat Siswa Terhadap Penggunaan Adobe Flash Dalam Membaca Huruf Kanji Dasar Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Bantaran Probolinggo Tahun Ajaran 2013/2014
Bahasa merupakan suatu hal yang penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia, karena bahasa merupakan alat dan cara berpikir manusia, sehingga dengan bahasa manusia dapat mengungkapkan apa yang dipikirkan dan dirasakannya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Era globalisasi seperti saat ini, kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan untuk menunjang hubungan komunikasi dan kerja sama antar negara. Salah satu bahasa asing yang banyak diajarkan di sekolah-sekolah adalah bahasa Jepang karena bahasa Jepang memiliki keunikan. Keunikan tersebut terlihat dari intonasi suara, kosakata, ragam tulisan, jenis ungkapan serta rumpun bahasa yang berbeda. Oleh karena itu penulis tertarik mengambil judul tentang “Minat Siswa Terhadap Penggunaan Media Adobe Flash Dalam Pembelajaran Huruf Kanji Dasar Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Bantaran Probolinggo Tahun Ajaran 2013/2014.”. Sekolah yang penulis pilih untuk penelitian judul Tugas Akhir ini adalah SMAN 1 BANTARAN PROBOLINGGO.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat siswa terhadap penggunaan adobe flash dalam membaca huruf kanji dasar bahasa Jepang pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bantaran Probolinggo yang baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan siswa beminat dalam penggunaan media adobe flash dalam pembelajaran huruf kanji dasar bahasa Jepang, dan hasil akhir siswa dalam pembelajaran kanji dengan menggunakan adobe flash di atas rata-rata.
Berdasarkan hasil penjelasan di atas, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat memudahkan pemahaman siswa terhadap kompetensi yang harus dikuasai dan materi yang harus dipelajari, serta pada akhirnya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar siswa. Dalam hal ini guru juga berperan penting sebagai fasilitator yang sering memberi motivasi kepada siswa, karena dengan motivasi tersebut dapat memupuk minat siswa terhadap pelajaran bahasa Jepang khususnya pelajaran kanji.
2119167/SB/2015 | KKI 495.7 BEL m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain