Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Akrostik Dengan Model Pembelajaran Explicit Intruction Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar

Electronic Resource

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Akrostik Dengan Model Pembelajaran Explicit Intruction Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar

Dian Indra Rukmana - Nama Orang; Ali Ismail, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang; Dra. Suko Winarsih, S.Pd., SS., M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulis puisi akrostik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kademangan, Blitar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia melalui model pembelajaran explicit intruction. Penelitian ini diadakan berdasarkan adanya permasalahan dalam
pembelajaran menulis puisi. Menulis cerpen kelas VIII SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar, masih kurang tergolong kurang. Sasaran yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar.
Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, metode ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi dilokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting),
observasi (observing) dan refleksi (Reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru bahasa Indonesia. Pada siklus pertama,
implementasi tindakan dengan menggunakan puisi menentukan kata-kata yang akan dijadikan sebuah bait puisi dengan satu kali pertemuan. Siklus kedua,
tindakan dilakukan sebanyak satu kali pertemuan. implementasinya tindakan pada siklus II menggunakan puisi akrostik yang bertemakan pemandangan.
Implementasi tindakan pada siklus II lebih menekankan pada aspek-aspek yang peningkatan kemampuan menulis puisi meskipun sepenuhnya masih belum optimal. Penilaian dalam penelitian ini terdiri dari 5 aspek, yakni terdiri dari a) isi, (b) organisasi, (c) kosa kata, (d) pengolahan bahasa, (e) Mekanik. penggunaan yang dipakai dalam penelitian ini termasuk jenis pengamatan tidak terstruktur, yaitu pengamatan yang tidak membatasi pengamatan dengan kerangka kerja tertentu. Pengamatan dilakukan peneliti dan didokumentaskan dalam catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan adalah dengan tes menulis puisi akrostik dengan menggunakan model pembelajaran explicit intruction.
Hasil penelitian ini cerpen mampu meningkatan kemampuan siswa. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis cerpen sebelum daya implementasi tindakan berkategori kurang. Namun, setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi akrostik menjadi berkategori baik. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan menulis puisi siswa terjadi peningkatan berdasarkan hasil tes siswa pada siklus I, II yang sudah diadakan oleh peneliti


Ketersediaan
2119157/SB/2015KKI 410 Ruk pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 Ruk p
Penerbit
Malang : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xiii, 73 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
menulis, puisi
puisi akrostik
model pembelajaran explicit intruction
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik