Electronic Resource
Peningkatan Pembelajaran Menulis Narasi Melalui Media Lagu Karya DMasiv Dalam Judul Jangan Menyerah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2013/2014
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran Menulis Narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan, Blitar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia melalui penggunaan media lagu karya Dmasiv Dalam Judul Jangan Menyerah. Penelitian ini diadakan berdasrkan adanya permasalahan dalam pembelajaran Menulis Narasi. Menulis Narasi kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan, Blitar, masih kurang tergolong
kurang.Sasaran yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan Blitar tahun ajaran 3013/2014.
Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, metode ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi dilokasi penelitian terbagi dalam dua siklus.Setiap sikluster diri empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (Reflecting). Penelitia ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru Bahasa Indonesia. Pada siklus pertama, implementasi tindakan dengan menggunakan media lagu karya Dmasiv dalam judul juangan menyerah dulakuan dalam dua kali pertemuan.Siklus kedua, tindakan dilakukan sebanyak dua kali pertemuan.implementasinya tindakan pada siklus II menggunakan media yang sama, yaitu media lagu karya Dmasiv dalam judul jangan mnyerah. Implementasi tindakan pada siklus II lebih menekan kan pada aspek-aspek yang peningkatannya belum optimal.
Penilaian dalam penelitian ini terdiridari 5 aspek, yakni terdiri dari a) isi, (b) organisasi, (c) kosa kata, (d) pengolahan bahasa, (e) Mekanik. penggunaan yang dipakai dalam penelitian ini termasuk jenis pengamatan tidak terstruktur, yaitu pengamatan yang tidak membatasi pengamatan dengan kerangka kerja tertentu. Pengamatan dilakukan peneliti dan didokumentaskan dalam catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan adalah dengan tes Menulis Narasi menggunakan media lagu karya D’masiv dalam judul angan menyerah.
Hasil penelitian ini cerpen mampu meningkatan kemampuan siswa. Kemampuan rata-rata siswa dalam Menulis Narasi sebelum dan ya implementasi tindakan berkategori kurang. Namun, setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam Menulis Narasi menjadi berkategori baik. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan Menulis Narasi siswa terjadi peningkatan berdasarkan hasil tessis wapada siklus I, II.
2119124/SB/2015 | KKI 410 WID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain