Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Model Modifikasi Concept Sentence Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ulum Poncokusumo Malang
Permasalahan yang muncul dalam penelitia ini adalah apakah peningkatan dengan model modifikasi consept sentence dapat meningkatkan kemampuan
menulis puisi siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Poncokusumo, Malang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan model modifikasi consept sentence dengan mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan menulis puisi. Waluyo (1987:25) puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan struktur fisik dan struktur batinnya. Menulis adalah kegiatan komunikatif, dimana penulis menuangkan ide atau pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Nurul Ulum Poncokusumo, Malang. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Instrument adalah alat untuk fasilitas yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat, lengkap, dan sistematis sehingga mudah diolah (Arikunto, 2002:151). Dengan menggunakan model modifikasi consept sentence.
Berdasarkan hasil penelitian pada kondisi awal sebelum melakukan penelitian yaitu hasil nilai rata-rata 60,72, nilai rata-rata menulis puisi setelah dilakukan penelitian pada siklus I yaitu, 70,54, hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil nilai rata-rata menulis puisi dari kondisi awal ke siklus I yaitu sebesar 9,82. Hasil rata-rata pada siklus I masih belum mencapai hasil minimal yang ditargetkan oleh peneliti sebesar 75, maka dilakukan penelitian siklus II untuk
memperbaiki hasil nilai rata-rata siklus I. Setelah dilakukan siklus II nilai rata-rata mencapai 78,18 dan menunjukkan peningkatan sebesar 7,64.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model modifikasi concept sentence dapat memotivasi dan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa terutama dalam menulis puisi siswa. Saran kepada guru bahasa Indonesia untuk menggunakan media pembelajaran yang mendukung siswa siswa menjadi lebih aktif, termotivasi, kreatif, dan menyenangkan siswa, sehingga siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi
2119118/SB/2015 | KKI 410 RAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain