Electronic Resource
Peningkatan Pembelajaran Puisi Dengan Model Numbered Heads Together (NTH) Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Dlanggu Mojokerto
Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil observasi di MTs Miftahul Ulum Mojokarang, diperoleh informasi bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B tergolong rendah. Hal ini karena guru masih memakai metode konvensional dalam mengajar yaitu ceramah sehingga kegiatan belajar mengajar di dalam kelas menjadi pasif. Hal ini dapat dilihat dari jarangnya siswa mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan guru. Permasalahan di atas menyebabkan proses kegiatan belajar mengajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) karena memberi kesempatan siswa untuk terlibat aktif. Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah salah satu model pembelajaran yang didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan pembentukan kelompok, diskusi masalah, memanggil nomor anggota (pemberian jawaban), dan memberi kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B MTs Miftahul Ulum Mojokarang melalui pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing 1 siklus. Pada siklus I dengan sub pokok bahasan mimik dan kinersik, kemudian pada siklus II dengan sub pokok bahasan penghayatan dan intonasi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 di kelas VII B MTs Miftahul Ulum Mojokarang. Subjek dalam penelitian ini kelas VII B MTs Miftahul Ulum Mojokarang yang berjumlah 30 siswa.
Saat observasi awal aktivitas belajar siswa lemah, tetapi setelah dilaksanakan penelitian aktivitas siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I 63,88% sedangkan pada siklus II 86,11%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B MTs Miftahul Ulum Mojokarang.
2119116/SB/2015 | KKI 410 JAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain