Electronic Resource
Korelasi Bahasa Ibu (B1) Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP PGRI 3 Malang
Kata-kata kunci : Penggunaan Bahasa Ibu (B1), Prestasi Belajar
Pada dasarnya keberhasilan belajar ditentukan oleh dua faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan dari luar siswa antara lain penggunaan bahasa dengan siswa dan contoh dari para guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 3 Malang karena terjadi masalah dalam proses belajar mengajar yang disebabkan adanya perbedaan persepsi antara siswa dengan guru dari penggunaan bahasa saat menjelaskan materi. Sehingga diperlukan penggunaan bahasa yang baik antara guru dengan siswa dan diikuti pula bimbingan dari orang tua agar bisa mencapai prestasi belajar yang maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara penggunaan bahasa ibu (B1) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI 3 Malang.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang masih aktif mengikuti proses pembelajaran. Populai dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan nilai raport siswa Ulangan Tengah Semester Genap tahun 2013/2014.
Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis korelasi sederhana dengan bantuan komputer program SPSS 22.00 for windows. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan adanya korelasi yang sangat besar secara signifikan terhadap prestasi belajar yaitu dengan nilai 92,0 atau sig = 0,05. Prestasi siswa di SMP PGRI 3 Malang secara keseluruhan memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu dengan perolehan nilai terkecil 75 dan nilai terbesar 90.
Saran dari peneliti adalah guru dan siswa harus saling bisa menjalin komunikasi yang positif agar bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dengan tanpa meninggalkan bahasa ibu (B1) yang sudah lebih dulu dikuasai. Guru juga hendaknya memberikan reward kepada siswa yang sudah berusaha untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik di lingkungan
sekolah.
2119091/SB/2015 | KKI 410 Mar k | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain